RESENSI MANHAJ HARAKI

Sejarah memang merupakan jejak yang dapat kita tangkap untuk mengetahui rekam kejadian masa lalu di dunia ini. Sejarah terbaik pastinya ditorehkan oleh manusia terbaik sepanjang masa. Dan manusia itu tak lain adalah Muhammad Rasulullah saw., panutan seluruh umat Islam.

Telah banyak buku yang menyajikan rekam jejak Rasulullah yang sering kita ketahui dengan judul Sirah Nabawiyah. Buku-buku sirah nabawiyah pastinya mengungkap peristiwa demi peristiwa dalam kehidupan pada jaman Rasul yang kesemuanya sarat akan hikmah dan wajib diketahui oleh seluruh muslim.

Namun, tidak semua orang dapat menikmati buku-buku yang kental akan nilai sejarah. Kecenderungan mindset yang dimiliki oleh pembaca yakni bahwa membaca dan mempelajari sejarah adalah hal yang kurang menarik.

Buku Manhaj Haraki hadir sebagai solusi mempelajari sirah Rasulullah dengan bahasan yang menarik dan mudah dicerna. Pembaca akan dibawa pada suasana seolah turut menjadi pelaku yang menyaksikan sejarah setiap peristiwa pada masa Rasulullah. Melalui kepiawaian Syaikh Munir Muhammad al-Ghadban, narasi yang diangkat mampu memvisualisasikan peristiwa yang diceritakan.

Meski fokus sejarah yang diangkat oleh penulis adalah tentang pergerakan dan perpolitikan Rasul, namun penulis berhasil mengemasnya dalam bahasan yang sederhana tanpa menghilangkan esensi sesungguhnya.

Buku terbitan Rabbani Press tahun 2008 ini terdiri dari dua jilid. Judul asli buku yang ditulis penulis yakni Al-Manhaj al-Haraki Iis-Siratin-Nabawiyah, dicetak pertama tahun 1404 H atau 1984 Masehi.

Kekuatan lain buku ini adalah, penulis selalu mengaitkan setiap kejadian yang diangkat dengan kehidupan nyata dan kontemporer saat ini. Hal ini memudahkan pembaca untuk secara nyata mengaplikasikan nilai dan hikmah dalam peristiwa sejarah tersebut.

Akhirnya, Manhaj Haraki sangat layak menjadi referensi bagi muslim untuk melangkah lebih dekat pada kehidupan Rasulullah.

310112

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s