Tiga Surat Pemungkas

Qulhu, Falaq, dan Nas

Trio surat pendek di atas sangat popular di kalangan kita umat Muslim; Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Bisa dibilang, tiga surat pendek itu menjadi bekal minimal hapalan seorang Muslim. Bahkan, anak Muslim pun menjejaki awal kehidupan mereka dimulai dari surat-surat pendek itu yang memang cenderung mdah dipelajari dan dihapal.

Namun, apa jadinya jika sudah berkepala dua, tiga, atau bahkan empat masih setia dengan surat itu-itu saja?

Terdapat beberapa indikasi jika hingga kini kita terhitung selalu menggunakan surat-surat tersebut dalam solat kita. Pertama, kita ingin cepat-cepat selesai solat. Tidak salah memang jika kita sering membaca ketiga surat tersebut atau surat-surat pendek lain dalam solat. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi hal yang kurang baik manakala kita beralibi bahwa dengan membaca suratan pendek itu solat kita pun menjadi pendek (sebentar).

Kedua, hapalan kita itu-itu saja. Nah, jangan sampai beralibi di bawah status aktivis malah membuat kita terlena untuk menambah hapalan Quran kita. Aktivitas kita yang padat membuat kita semakin sedikit memiliki waktu untuk menambah hapalan. Walhasil, saat solat atau saat menjadi imam, hanya surat-surat pendek itu sajalah yang membuat kita pede.

Sekali lagi, di sini saya tidak bermaksud mendeskriditkan trio surat pendek itu ataupun penggunaan surat pendek lain dalam solat. Saya hanya ingin sedikit berbagi dan mengajak kita semua untuk sama-sama berefleksi. Jangan sampai kita termasuk dalam dua golongan di atas yang selalu ber-Qulhu, Falaq, dan Nas karena hal yang saya paparkan di atas.

Tidak ada salahnya menghapal Quran dan menambah terus hapalan kita, bukan? Bukankah telah Allah karuniakan 24 jam waktu yang sama untuk kita manusia? Maka, jika anak-anak Palestina dengan keterbatasan kondisi mereka saja bisa hafiz, kenapa kita di sini yang aman tenteram malah tidak?

Yuk tambah hapalan kita, agar tak sekedar Qulhu, Falaq, dan Nas.

200212

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s