Ibu Tutty Fruti Telah Berpulang

Masih terekam jelas saat kali pertama duduk di aula SMA N 1 Purbalingga pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa). Diajaknya kami bernyanyi ‘Big Big World’. Beliau mengenalkan dirinya dengan nama Tutty Fruti. Ya, beliaulah Ibu Dra. Wartuti,

Semalam, entah siapa yang pertama kali mengirimkan SMS tentang kabar kepulangan beliau ke rahmatullah. Saya tidak percaya. Berulang kali saya ulang membaca kata per kata dari isi SMS tersebut. Ya, tak salah. Tertulis di sana bahwa Ibu Wartuti telah meninggal dunia.

Masuknya SMS kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya dengan format yang persis semakin meyakinkan saya akan kebenaran kabar tersebut. Ibu Wartuti, guru bahasa Inggris favorit saya benar-benar telah meninggal dunia. Beberapa saat di malam yang hendak beranjak menuju dini hari saya terdiam. Saya lalu beranjak menuju Ready, netbook saya. Sejurus kemudian, artikel mengenai Shalat Gaib telah muncul di layar.

Ini pertama kalinya juga saya melaksanakan shalat gaib. Jujur, perasaan dalam hati kalang kabut. Masih lekat dalam ingatan wajah beliau, cara beliau mengajar, gaya beliau mengajar, suara beliau saat memanggil nama saya, hingga kisah tentang masa kecil dan keluarga (anak-anak) beliau yang luar biasa.

Meski masih diselimuti rasa kurang yakin, namun saya berusaha meredamnya. Saya baca grup di FB yang beranggotakan siswa-siswa alumni SMA. Ya, mereka memposting berita duka itu. Ah, Bu Wartuti yang baik hati. Bu Wartuti yang pandai memotivasi. Beliau memiliki andil besar pada diri dan hidup saya. Minat saya terhadap bahasa Inggris semakin subur oleh olahan didik beliau.

Ini catatan kedua saya tentang guru yang berpulang ke sisi Allah. Saya sedih menuliskannya. Hanya saja semoga catatan sederhana ini semakin membuat ingatan kita pada mereka terus mengahangat.

Semoga, almarhumah dikukuhkan posisinya di tempat terbaik di sisi Allah. Semoga, kesabaran dilimpahakan pada keluarga beliau yang ditinggalkan.

110412

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s