Taman di Padang Pasir

Mendapat kesempatan berkuliah di universitas negeri yang telah kokoh tarbiyahnya adalah impian saya sejak duduk di bangku SMA. Telah terbayangkan bagaimana nikmatnya mendapat banyak bimbingan dari kakak angkatan, memiliki banyak teman seperjuangan, ragam amanah yang menantang, dll.

Sejak saya di SMA telah banyak mendapat cerita dari kakak-kakak angkatan yang telah lulus kuliah. Diceritakannya pada saya bagaimana serunya mengikuti daurah, dahsyatnya menggelar acara kemasyarakatan, aksi, dll. Mereka ‘memanas-manasi’ saya untuk segera lulus SMA dan melanjutkan ke pendidikan tinggi. Walhasil, saya pun kian bersemangat mendaftar kuliah.

Saya lulus SMA di tahun 2010. Saya mencoba mengikuti jalur SNMPTN ke UNS namun urung berhasil. Akhirnya, saya mendapat kabar bahwa saya diterima kuliah di STKS (Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial) Bandung. Sangat jarang orang yang mengetahui keberadaan kampus ini. STKS adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Kementrian Sosial. Kebanyakan mahasiswa berasal dari Sulawesi Selatan di mana mereka adalah mahasiswa ikatan dinas.

Bergabung di LDK adalah satu hal yang segera saya lakukan setelah resmi menjadi mahasiswa STKS. LDK di sana bernama KMM (Keluarga Mahasiswa Muslim). Apa yang selama ini saya bayangkan, saya harapkan, tidak saya dapatkan di sini. Sungguh, awalnya saya sempat kecewa. Di LDK tempat saya bergabung, belumlah sekokoh LDK-LDK di kampus lain seperti di ITB (Gamais), misalnya. Belum ada halaqah seperti yang saya idamkan dulu. Belum lagi, sangat sedikit mahasiswa yang konsen berkontribusi di KMM ini.

Namun, saya tidak ingin berlarut lama dalam kekecewaan tanpa gerak. Saya berusaha bergabung dengan kakak angkatan yang juga tarbiyah. Ada empat akhwat 2009 yang telah bergabung dalam kelompok halaqah. Akhirnya, saya bergabung dengan mereka.

130412

Leave a Reply

